Ketua MK dan Hakim Konstitusi Ikuti Upacara HUT ke-76 Republik Indonesia

JAKARTA, HUMAS MKRI - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman beserta hakim konstitusi mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Selasa (17/8/2021). Anwar menghadiri upacara tersebut secara  langsung di Istana Merdeka, sementara delapan hakim konstitusi dengan didampingi oleh Panitera MK Muhidin serta Sekretaris Jenderal MK M. Guntur Hamzah mengikuti secara daring dari Gedung MK.

Dalam upacara tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan pakaian adat Lampung menjadi inspektur upacara. Prosesi Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain mengenakan masker dan menjaga jarak, para peserta atau perangkat upacara terbatas juga terlebih dulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara, peringatan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI kali ini mengusung tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Tema ini mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

“Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, bisa kita capai dengan bahu-membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong-royong dalam satu tujuan. Tangguh dalam menghadapi pandemi, tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!” ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari akun Instagram resminya @jokowi.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dimulai dengan laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang. Dalam upacara tersebut, bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999 yang saat ini menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Selaku inspektur upacara, Presiden Jokowi memimpin para peserta upacara, baik yang hadir secara terbatas di lokasi maupun yang mengikuti secara virtual untuk mengheningkan cipta. Sedangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memandu pembacaan doa.

Untuk diketahui, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani bertugas membacakan naskah Proklamasi yang pada 76 tahun lalu dikumandangkan Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, sebagai tanda terbebasnya Indonesia dari belenggu penjajahan.

Upacara tersebut juga dihadiri sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara hadir secara langsung dalam upacara peringatan, yakni Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD ‎La Nyalla Mattalitti‎, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Jaja Ahmad Jayus, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tergabung dalam Tim Indonesia Tangguh dipercayakan untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka. (*)

Penulis: Utami Argawati

Editor: Lulu Anjarsari

Source: Laman Mahkamah Konstitusi